Hanya Burung berkicau

Selasa, 14 Juni 2011

SADAR

Menyimak, memahami, pengenalan (identifikasi), mendengarkan....

sadar "Awareness", éling & waspada (Sati); kewaspadaan, yaitu kita mengetahui fenomena batin apa yang akan muncul. Sadar adalah mengetahui, yaitu kita mengetahui bila ada fenomena batin yang telah muncul. Kebalikan batin yang sadar adalah batin yang tak sadar, inilah yang dialami pada setiap mahluk umumnya, maksudnya tak sadar disini adalah ia tidak mengetahui kapan fenomena batin tsb muncul dan kapan lenyapnya. “sati sampajañña”(kesadaran & kejernihan).

Perhatian terhadap fenomena batin yang muncul, tahu bagaimana ia muncul, tahu bagaimana ia berproses dan tahu bagaimana ia lenyap. Batin selalu mengikuti setiap proses yang terjadi pada bentuk-bentuk fenomena batin yang muncul, bagaimana mereka berproses, muncul dan lenyap silih berganti.

Bila berlatih dengan banyak keinginan, banyak harapan, maka muncul dorongan keinginan (lobha). Bila dengan ketidakpuasan dan ketidaknyamanan, maka lahir ketidaksenangan (dosa). Bila sungguh-sungguh memahami apa yang dilakukan, maka itu merupakan kegelapan batin (moha). Harus ada kecerdasan dan pengetahuan terhindar dari kekotoran batin (kilesa).

"menyimak diri sendiri, maka dari penyimakan itu timbullah kejelasan, timbullah kepekaan; dari penyimakan itu batin menjadi sehat, kuat. Tanpa menurut atau menentang, batin menjadi hidup, intens" [Krishnamurti].








free counters